Download Terbaru


 Download Populer
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 1

No Members are currently logged in.
Login
Username:

Password:

  Registrasi?
HUBUNGI KAMI


PENGADILAN NEGERI PADANG

Jl. Rasuna Said No.81,Padang

Sumatera Barat-Indonesia

Telp. (0751) 27973

Fax. (0751) 27973

email: pnpadang@yahoo.co.id

situs : http://pn-padang.go.id/


lihat Peta lokasi 

MA Gelar Kompetisi Inovasi Layanan Peradilan

Oleh arman
Rabu, 20 Mei 2015 08:33:20 Klik: 2233 Cetak: 580 Kirim-kirim Print version download versi msword

Kompetisi ini untuk mengukur sejauh mana implementasi UU Pelayanan Publik dan UU Keterbukaan Informasi Publik di setiap pengadilan seluruh Indonesia.

MA Gelar Kompetisi Inovasi Layanan Peradilan

 

Mahkamah Agung (MA) akan menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan Tahun 2015. Kompetisi ini bakal diikuti seluruh pengadilan tingkat pertama dari empat lingkungan peradilan terkait praktik pengembangan layanan publik di bidang peradilan.
“Dalam waktu dekat, MA akan mengadakan kompetisi antar pengadilan tingkat pertama terkait praktik inovasi terbaik pelayanan peradilan di lapangan, ujar Ketua MA Prof M. Hatta Ali saat memberi sambutan usai melantik 10 ketua pengadilan tingkat banding di Gedung Sekretariat MA Jakarta, Senin (18/5).

Hatta melanjutkan kompetisi ini bertujuan mengidentifikasi praktik-praktik terbaik inovasi pelayanan peradilan yang telah dikembangkan di lapangan, lalu lebih dikembangkan ke tahap aplikatif. Karena itu, dia meminta pimpinan pengadilan tingkat banding bersama Dirjen masing-masing lingkungan peradilan bersinergi mendorong dan mengembangkan inovasi layanan publik bidang peradilan bagi pengadilan yang diikutsertakan dalam kompetisi ini. 

 
“Kita berharap akan banyak inovasi pelayanan publik peradilan yang bisa dirasakan masyarakat. Pada gilirannya, bisa meningkatkan kepercayaan publik pada lembaga peradilan," kata dia 
 
Lebih Memacu 
Diungkapkannya, kompetisi ini diselenggarakan untuk lebih memacu kinerja layanan administrasi peradilan agar lebih ditingkatkan. Sebab, selama ini tata kelola administrasi di beberapa pengadilan belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat pencari keadilan. Misalnya, belum tertibnya administrasi, ketika ada kejadian terselipnya berkas yang mengakibatkan tertundanya hak pencari keadilan. 
 
"Standar baru (tertib administratif) ingin kita terapkan untuk hindari itu agar tidak terjadi lagi. Ini menuntut kerja yang lebih terencana, tertib, dan teratur agar bisa mencapai target yang diharapkan, semua akan mudah bila administrasi tertata dengan baik," kata dia. 
 
Menurutnya, perbaikan pelayanan publik peradilan menjadi sangat mendesak dan harus menjadi perhatian pimpinan pengadilan. Sebab, skala operasi pengadilan seluruh Indonesia melayani beragam kelompok masyarakat sesuai kebutuhan dan karakter masyarakat yang berbeda-beda. Karena itu, ketua pengadilan tingkat banding yang memiliki fungsi pembinaan harus mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan pengadilan di bawahnya. Caranya, mengidentifikasi dan memupuk praktik birokrasi berbasis pelayanan publik yang sudah baik sesuai UU Pelayanan Publik. 
 
"Sekaligus memastikan inovasi peningkatan pelayanan dapat terus dipupuk dan difasilitasi dengan tetap memperhatikan kebijakan MA," pintanya. 
 
Sebelumnya, lewat Keputusan Ketua MA Nomor 52/KMA/SK/V/2015, Ketua MA telah membentuk sebuah tim pengarah untuk menyelenggarakan kompetisi ini. Tim yang dibentuk pada 6 Mei 2015 itu diketuai oleh Ketua Kamar Pembinaan MA Prof Takdir Rahmadi. 
 
Ketua Tim Pengarah Kompetisi Pelayanan Publik Peradilan 2015, Takdir Rahmadi mengungkapkan kompetisi ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana implementasi UU Pelayanan Publik dan UU Keterbukaan Informasi Publik di setiap pengadilan seluruh Indonesia. Parameter lain yang juga dijadikan instrumen penilaian akan dilihat sejauh mana pelaksanaan SK Ketua MA Nomor 026/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan SK Ketua MA Nomor 1-144/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. 
 
Meningingat kompklesitas lingkup kompetisi ini, kata Takdir, dibutuhkan waktu yang cukup dan tim pelaksana yang memadai. “Kita juga akan melibatkan pihak ketiga sebagai event organizer dan mitra internasional,” kata Takdir dalam kesempatan yang sama. 
 
Menurut rencana, kompetisi ini akan dimulai pada pertengahan Juni yang diikuti 724 pengadilan tingkat pertama dan hasilnya akan diumumkan pada Oktober tahun ini. Selain memperoleh piagam, para juara juga akan diberi kesempatan melakukan studi pelayanan di pengadilan luar negeri.

Sumber : http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt555addc52d836/ma-gelar-kompetisi-inovasi-layanan-peradilan

 
Berita Berita Lainya Lainnya
. SATUKAN TANGAN MENOLAK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK