Rabu, Juli 06, 2022

A- A A+
shade

Pada hari Senin, 21 Februari 2022 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Register Antrian Sidang (Sirandang) pada Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Padang. Acara sosialisasi ini dipimpin oleh Ibu Yuzaida, SH, MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Padang. Selanjutnya penyampaian materi sosialisasi oleh Tim IT Pengadilan Negeri Padang. Sosialisasi ini dilakukan untuk menyampaikan prosedur dan alur penggunaan Aplikasi Sirandang yang diikuti oleh Hakim, Panitera Pengganti, Petugas Informasi, dan Petugas Penjaga Sidang yang nantinya akan aktif menjadi user (pengguna) dari aplikasi ini.

Adapun materi sosialisasinya adalah:

  • Aplikasi Sirandang merupakan aplikasi berbasis WEB yang sudah terintegrasi langsung dengan SIPP PN Padang.
  • Petugas informasi bertugas untuk meregister kehadiran para pihak, dan memberikan nomor tiket kepada pihak yang sudah melapor. Dengan menggunakan nomor tiket ini para pihak dapat melakukan pengecekan kehadiran pihak lain dalam perkara tersebut dan juga status antriannya. Saat pihak yang hadir sudah lengkap, petugas informasi memberitahukan kepada Panitera Pengganti dan mengeluarkan nomor antrian sidang.
  • Panitera pengganti bertugas untuk merubah status antrian pihak menjadi Persidangan atau Selesai. Sehingga petugas informasi dapat mempersiapkan pihak dalam nomor antrian berikutnya.
  • Petugas Penjaga Sidang juga dapat bertugas  merubah status antrian pihak menjadi Persidangan atau Selesai.
  • Majelis hakim dapat melakukan monitoring persidangan melalui aplikasi ini.
  • Aplikasi Sirandang dilengkapi dengan audio pengumuman yang dapat di-custom.